BIMBINGAN KONSELING ISLAM MELALUI TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN INTERNET (WATTPAD) (Studi Kasus Pada Klien “A” Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi)

Juandari, Ninik (2021) BIMBINGAN KONSELING ISLAM MELALUI TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN INTERNET (WATTPAD) (Studi Kasus Pada Klien “A” Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover Skripsi Ninik Juandari.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Awal dan Akhir Skripsi Ninik Juandari.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Ninik Juandari.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-5 Skripsi Ninik Juandari.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 1-5 Skripsi Ninik Juandari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Skripsi Ninik Juandari.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Bimbingan Konseling Islam Melalui Teknik Self Management dalam Mengurangi Kecanduan Internet (Wattpad) (Studi Kasus Pada Klien “A” Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang)” bertujuan untuk mengetahui gambaran kecanduan internet, faktor penyebab kecanduan internet (Wattpad) yang dialami klien “A”, dan bimbingan konseling Islam melalui teknik Self Management (manajemen diri) dengan rutin sholat fardhu diawal waktu dalam mengurangi kecanduan internet (Wattpad) pada klien “A”. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus (Case Study). Metode analisis data, penjodohan pola, pembuatan eksplanasi, dan analisis deret waktu. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah klien “A” mahasiswa program studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Hasil dari penelitian ini Klien “A” mengalami kecanduan internet, pada aspek psikologis yaitu merasa keasyikan dengan internet, mengakses internet lebih lama sampai lupa waktu, tidak mampu menghentikan aktivitasnya. Kemudian pada aspek fisik klien “A” yaitu lupa makan sehingga pola makan jadi tidak teratur, mata menjadi kering dan capek, pegal-pegal, mengabaikan kesehatan dan gangguan tidur. Faktor penyebab kecanduan internet yang dialami klien “A” disebabkan oleh kurangnya kontrol dan manajement diri yang rendah dari klien “A”. Perubahan perilaku kecanduan internet yang terjadi setelah klien “A” menjalani proses self management dengan rutin sholat fardhu diawal waktu ialah klien “A” sudah mulai mengurangi penggunaaan internetnya, mengatur waktu pemakaian internetnya dan tidak berlebihan dalam menggunakannya, klien “A” mampu memanagement dirinya. Kata Kunci: Bimbingan Konseling Islam, Self Management, Kecanduan Internet (Wattpad).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam, Self Management, Kecanduan Internet (Wattpad).
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: NINIK JUANDARI
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:02
Last Modified: 19 Sep 2022 02:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22568

Actions (login required)

View Item View Item