Analisis Tingkat Upah terhadap Kebutuhan Hidup Layak Buruh Tani di Kota Pagar Alam (telaah konsep hifdzun nafs dalam Islam)

Sari Prastyawati, Sari (2022) Analisis Tingkat Upah terhadap Kebutuhan Hidup Layak Buruh Tani di Kota Pagar Alam (telaah konsep hifdzun nafs dalam Islam). Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI_SARI PRASTYAWATI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB I_SKRIPSI_SARI PRASTYAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB II_SKRIPSI_SARI PRASTYAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III_SKRIPSI_SARI PRASTYAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_SKRIPSI_SARI PRASTYAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_SKRIPSI_SARI PRASTYAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN_SKRIPSI_SARI PRASTYAWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari realitas masyarakat yang bekerja sebagai buruh tani dengan tingkat pendapatan rendah. Sementara kebutuhan hidup yang tidak terbatas memaksa para pekerja harus memiliki strategi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Penelitian ini mengkaji analisis tingkat upah terhadap kebutuhan hidup layak buruh tani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana tingkat upah buruh tani di Kota Pagar Alam dalam memenuhi kebutuhan hidup layak. Dan untuk menganalisa bagaimana upaya yang bisa dilakukan buruh tani di Kota Pagar Alam untuk memenuhi kebutuhan hidup layak berdasarkan dengan konsep hifdzun nafs dalam Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data menggunakan tekhnik wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan analisis data secara deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat upah buruh tani di Kota Pagar Alam mampu memenuhi kebutuhan hidup layak apabila buruh tani tersebut memiliki pekerjaan sampingan atau dibantu bekerja oleh anggota keluarga lain. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengolahan data primer yang dilakukan peneliti terhadap pendapatan serta pengeluaran buruh tani. Adapun strategi yang dilakukan buruh tani adalah strategi aktif, pasif dan jaringan. Kata Kunci : Upah, Buruh tani, kebutuhan hidup layak, kebutuhan dalam konsep hifdzun nafs

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: SARI PRASTYAWATI
Date Deposited: 05 Oct 2022 01:53
Last Modified: 05 Oct 2022 01:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22700

Actions (login required)

View Item View Item