ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PEMBIAYAAN NATURAL UNCERTAINTY CONTRACT (NUC) PADA SEKTOR PRODUKTIF DI BANK MUAMALAT KC PALEMBANG

Zahro, Fini (2022) ANALISIS POTENSI PENGEMBANGAN PEMBIAYAAN NATURAL UNCERTAINTY CONTRACT (NUC) PADA SEKTOR PRODUKTIF DI BANK MUAMALAT KC PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FINI ZAHRO SE-28-52 (1).pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FINI ZAHRO SE-17-27.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FINI ZAHRO SE-1-16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FINI ZAHRO SE-53-63.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FINI ZAHRO SE-64-84.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
SKRIPSI FINI ZAHRO SE-85-93.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
SKRIPSI FINI ZAHRO SE-94-109.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB)

Abstract

Pasca krisis ekonomi seiring dengan reformasi perbankan nasional, perbankan syariah yang merupakan bagian dari perbankan nasional mulai memasuki era baru. Pertumbuhan bank syariah semakin membaik dari tahun ke tahun. Masyarakat yang menggunakan produk perbankan syariah terus bertambah. Ada berbagai produk yang di tawarkan oleh bank syariah, salah satunya produk Natural Uncertainty Contract (NUC). Produk ini mempunyai pola bagi hasil menggunakan akad mudharabah dan musyarakah merupakan salah satu produk pembiayaan produktif dari Bank syariah yang tidak dimiliki oleh bank konvensional. Akan tetapi pembiayaan nonproduktif lebih dominan menarik dimata masyarakat karena masyarakat dapat menggunakan secara langsung barang atau jasa yang dibutuhkan. Dengan fenomena tersebut, maka diharapkan Bank Muamalat Kc Palembang mempunyai potensi dan pengembangan terhadap produk Natural Uncertainty Contract (NUC) pada sektor produktif. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode analisis kualitatif yang dilakukan di kantor Bank Muamalat KC Palembang, Jl. Kapten A.Rivai, Komplek Ruko Taman Mandiri, 26 ilir D. I, Kec. Ilir Barat 1, Kota Palembang, Sumatra Selatan 30125. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi melalui sumber data primer. Setelah melakukan penelitian, kesimpulan dari penelitian ini adalah Bank Muamalat Kc Palembang menyalurkan pembiayaan pada usaha-usaha yang tepat melalui prosedur dan syarat-syarat pengajuan pembiayaan. Mempunyai potensi pengembangan pembiayaan yang besar yang dilihat dari bertambahnya jumlah nasabah pembiayaan setiap periodenya, memiliki peningkatan omzet per periode, mempunyai pelayanan yang sangat baik dan sistem pembiayaan dan pembinaan yang mudah di pahami.Pertumbuhan pembiayaan NUC dengan akad mudharabah pada desember 2020 ke oktober 2021 mengalami kenaikan sebesar 0.02% sedangkan pembiayaan berakad musyarakah menurun sebanyak -15,43%. Pertumbuhan pembiayaan NUC sangatlah kecil karena beberapa faktor salah satunya adalah munculnya wabah Covid-19 masih perlu lebih banyak upaya untuk meningkatkan pertumbuhan pembiayaan Natural Uncertainty Contract (NUC).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: FINI ZAHRO
Date Deposited: 30 Sep 2022 01:28
Last Modified: 30 Sep 2022 01:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22734

Actions (login required)

View Item View Item