Ridho, Muhammad Rasyid (2022) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SANTRI DI PONDOK PESANTREN QODRATULLAH LANGKAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
COVER.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (527kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (397kB) | Preview |
Abstract
Pesantren Qodratullah Langkan sangat cocok untuk dijadikan sebagai sumber belajar. Namun, guru masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, tanya jawab dan diskusi di dalam kelas yang membuat santri terlihat kurang tertarik mengikuti kegiatan pembelajaran. Potensi alam yang terkandung di sekitar sekolah yang dapat dijadikan sumber belajar antara lain gedung madrasah, kelas, perpustakaan, laboratorium bahasa laboratorium komputer, masjid dan lapangan. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri kelas VIII MTs Pondok Pesantren Qodratullah Putra Langkan dan sampel penelitian berjumlah 70 santri yaitu 35 santri putra kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan 35 santri putra kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t yaitu uji prasyaratan: uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar santri. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: a. Untuk mengetahui pelaksanaan metode outdoor learning terhadap hasil belajar santri putra pada materi waktu shalat kelas VIII MTs Pondok Pesantren Qodratullah Langkan. b. Untuk mengetahui pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar santri putra pada materi waktu shalat kelas VIII MTs di Pondok Pesantren Qodratullah Langkan. c. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi metode outdoor learning terhadap hasil belajar santri pada materi waktu shalat kelas VIII di MTs Qodratullah Langkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaannya melalui 3 tahap yaitu: observasi; berdiskusi dan evaluasi. Pengaruhnya menggunakan pengujian nilai rata-rata hasil belajar santri dengan menggunakan uji-t, diperoleh harga thitung = 4,56. Dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (db=68) diperoleh nilai ttabel= 1,668. Sehingga thitung berada diluar penerimaan Ho atau dengan kata lain Ho ditolak. Adapun faktor pendukung yaitu: sarana dan prasarana yang memadai yang dimiliki oleh madrasah dan seluruh tenaga kerja yang bersangkutan. Sedangkan faktor penghambat yaitu: selalu ada santri yang tidak mengikuti intruksi dari guru mata pelajaran; sulit mengawasi sistem pembelajaran karena terlalu luas terutama saat pembelajaran di siang hari. Kata Kunci: Metode Outdoor Learning, Hasil Belajar dan Alam
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Metode Outdoor Learning, Hasil Belajar dan Alam |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | M. RASYID RIDHO |
Date Deposited: | 10 Oct 2022 03:48 |
Last Modified: | 10 Oct 2022 03:48 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22931 |
Actions (login required)
View Item |