ANALISIS TERAPI METODE INABAH PADA PECANDU NARKOBA DALAM BUKU “AGAMA DAN PECANDU NARKOBA ETNOGRAFI TERAPI METODE INABAH” KARYA ALHAMUDDIN, DKK.

Andrias, Ravi (2022) ANALISIS TERAPI METODE INABAH PADA PECANDU NARKOBA DALAM BUKU “AGAMA DAN PECANDU NARKOBA ETNOGRAFI TERAPI METODE INABAH” KARYA ALHAMUDDIN, DKK. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (752kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Analisis Terapi metode Inabah pada Pecandu Narkoba dalam buku “Agama dan pecandu Narkoba Etnografi Terapi metode Inabah” Karya Alhamuddin dkk”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana terapi metode Inabah pada pecandu naroba, analisis terapi metode Inabah pada pecandu narkoba. Jenis Penelitian ini menggunakan Library Research atau Penelitian Kepustakaan, dengan Pendekatan penelitian Kualitatif. Dengan menggunakan metode analisis isi yaitu mancari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil menganalisis teks dan wacana sesuai dengan tema dan judul yang telah ditetapkan. Penulis menggunakan teknik analisis isi dalam mengolah informasi yang di peroleh dari buku Agama dan pecandu narkoba etnografi terapi metode Inabah karya Alhamuddin, M.M.Pd sebagai data Primer, dan buku Inabah Jalan kembali dari Narkoba, stres & kehampaan jiwa karya DR. Kharisudin Aqib, buku Tobat & Inabah karya Ibnu Qayyim al-Jauziyyah sebagai data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi Inabah yang di terapkan pada pecandu narkoba didasarkan Al-Qur’an dan Hadist dengan pendekatan Thariqah Qadiriyah Naqsabandiyah. Proses meliputi tiga tahapan pertama Takhalli, kedua tahalli dan ketiga tajalli. Lalu dilanjutkan dengan tahapan kegiatan rehabilitasi, ada empat kegiatan utama dalam proses tersebut yaitu Mandi Taubat, Shalat, Dzikir, membaca Al-qur’an sedangkan kegiatan-kegiatan yang lain berfungsi sebagai kegiatan penunjang dari ketiga Kegiatan utama seperti puasa, olahraga, medis, terapi bergaul dan lain sebagainya. Dengan demikian seseorang yang banyak melakukan kegiatan tersebut akan menjadi seseorang yang sadar betul akan posisi tuhannya dan posisi dirinya. Proses perubahan kondisi psikologi ini disebut proses pemulihan jati diri. Selain manfaat psikologis yang bersifat terapi juga mempunyai manfaat psikosomatik. Kata kunci : Terapi Inabah, Pecandu Narkoba, Alhamuddin

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Terapi Inabah, Pecandu Narkoba, Alhamuddin
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: RAVI ANDRIAS
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:41
Last Modified: 14 Mar 2023 19:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23072

Actions (login required)

View Item View Item