Pembelajaran Qira'ah Menggunakan Kitab Al-Qiro'ah Ar-Rosyidah Dengan Pendekatan Behavioristik di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Belitang OKU Timur

Sari, Widia (2022) Pembelajaran Qira'ah Menggunakan Kitab Al-Qiro'ah Ar-Rosyidah Dengan Pendekatan Behavioristik di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Belitang OKU Timur. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB 1-5 ,LAMPIRAN WIDIA SARI 1820204089-.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Widia Sari (1820204089). Pembelajaran Qira'ah Menggunakan Kitab Al’Qiroah Ar-Rosyidah Dengan Pendekatan Behavioristik Dipondok Pesantren Modern Nurussalam Belitang OKU Timur. Skripsi. Palembang : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab UIN Raden Fatah Palembang. Pembimbing : 1. Dr. Yuniar, M.Pd.I 2. Rendi Sabana, M.Pd.I. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Qiroah di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Belitang menggunakan kitab Al Qiroah Ar-Rosyidah dengan pendekatan behavioristik dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di lembaga pendidikan tersebut. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Dan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran Qira'ah Menggunakan Kitab Al-Qiro'ah Ar-Rosyidah Dengan Pendekatan Behavioristik dikelas III Pondok Pesantren Modern Nurussalam di bentuk dan ditentukan oleh guru pengajar sebelum pembelajaran Qira'ah dilaksanakan di kelas, dengan cara: guru membuat RPP, menentukan tujuan pembelajaran, menentukan metode, menentukan media, Setelah perencanaan tersebut di tentukan maka akan di ajukan dan di evaluasi oleh guru pembimbing (Musrif). jika sudah benar dan tepat maka akan di setujui dan di sahkan oleh guru pembimbing, direktur KMI, dan pimpinan pondok pesantren modern Nurussalam. Setelah di sahkan ,guru baru bisa melaksanakan pembelajaran di kelas. (2) Pelaksanaan Pembelajaran Qira'ah Menggunakan Kitab Al-Qiro'ah Ar-Rosyidah Dengan Pendekatan Behavioristik dikelas III Pondok Pesantren Modern Nurussalam yaitu Guru menggunakan metode langsung dengan pendekatan behavioristik dan Media yang di gunakan yaitu alat peraga, gerakan badan, audio visual. Pelaksanaan Pembelajaran nya telah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan sebelumnya dan telah terlaksana dengan semestinya.(3)Evaluasi yang dilakukan dengan mengadakan 2 jenis evaluasi yaitu: pertama, evaluasi langsung, tindakan tersebut dilakukan guru pengajar selama proses belajar mengajar berlangsung di dalam kelas. Evaluasi tidak langsung berupa evaluasi harian evaluasi mingguan dan evaluasi bulan. Kata Kunci :Pembalajaran Qira’ah, Kitab Al’Qira’ah Ar-Rosyidah, Pendekatan Behavioristik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Pembalajaran Qira’ah, Kitab Al’Qira’ah Ar-Rosyidah, Pendekatan Behavioristik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: WIDIA SARI
Date Deposited: 07 Nov 2022 01:59
Last Modified: 07 Nov 2022 01:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23493

Actions (login required)

View Item View Item