Pengaruh Penggunaan Metode Pemberian Tugas Rumah Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa di SMP Negeri 2 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir

Maharani, Tyara (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Pemberian Tugas Rumah Terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa di SMP Negeri 2 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover, dapus.pdf

Download (112kB) | Preview
[img] Text
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
Kesimpulan .pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Metode pemberian tugas rumah ialah cara penyajian bahan pelajaran dengan memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di luar jadwal sekolah dalam rentang waktu tertentu, dan sikap tanggung jawab siswa ialah perwujudan dari kesadaran dan kewajiban siswa yang harus dilaksanakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pemberian tugas rumah terhadap sikap tanggung jawab siswa di SMP Negeri 2 Indralaya Selatan Kabupaten Ogan Ilir. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis ex-post facto dengan menggunakan model penelitian korelasi. Populasi penelitian yakni semua siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Indralaya Selatan dengan jumlah 161 siswa. Adapun sampel yang digunakan yaitu sebanyak 48 siswa. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan kuisioner (angket), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunanakan rumus TSR dan rumus product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui (1) Pengunaan metode pemberian tugas rumah positif maupun negatif yang terdapat pada siswa berada pada kategori sedang dari responden 28 dengan persentase 58,33%, (2) Sikap tanggung jawab yang dimiliki siswa berada dalam kategori tinggi dari 19 responden dengan presentase 39,58%. (3) Pengaruh penggunaan metode pemberian tugas rumah terhadap sikap tanggung jawab siswa menggunakan rumus product moment dengan dibantu aplikasi SPSS versi 24 hingga diperoleh signifikasinya sebesar 0,000 yang artinya <0,05 dan person correlation 0,980. Maka Ha diterima sehingga dapat dikatakan penggunaan metode pemberian tugas rumah dengan sikap tanggung jawab siswa memiliki pengaruh yang sangat kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode Pemberian Tugas Rumah, dan Sikap Tanggung Jawab
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: TYARA MAHARANI
Date Deposited: 21 Nov 2022 02:28
Last Modified: 21 Nov 2022 02:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23646

Actions (login required)

View Item View Item