INTENSI MASYARAKAT KOTA PALEMBANG DALAM MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL SYARIAH: PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB)

Ulfah, Nadhirah (2021) INTENSI MASYARAKAT KOTA PALEMBANG DALAM MENGGUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN DIGITAL SYARIAH: PENDEKATAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB). Masters thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Secara konvensional, perkembangan sistem pembayaran digital di Indonesia terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun, namun kemajuan ini belum begitu berdampak pada keuangan syariah. Pasalnya, meskipun Indonesia merupakan negara yang memiliki populasi penduduk Muslim terbesar di dunia, literasi dan keuangan syariah di Indonesia masih terbilang lemah. Hal ini disebabkan oleh masih belum maksimalnya adaptasi digital pada keuangan dan ekonomi syariah. Pada tahun 2020, Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dan LinkAja bekerja sama membangun Layanan Syariah LinkAja sebagai inovasi dalam sistem pembayaran digital yang sesuai syariah, Dalam perkembangannya, terdapat peningkatan jumlah pengguna yang cukup signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa adanya intensi masyarakat terhadap Layanan Syariah LinkAja sebagai produk syariah yang berintegrasi dengan fasilitas digital. Penggunaan fasilitas digital ini, dianggap lebih aman, mudah, dan efisien. Untuk memprediksi intensi tersebut, digunakan pendekatan Theory of Planned Behavior (TPB). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sikap, norma subyektif, persepsi kontrol perilaku terhadap intensi, serta pengaruh langsung dan tidak langsung persepsi kontrol perilaku terhadap perilaku melalui intensi. Penelitian ini menggunakan data primer. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pengguna Layanan Syariah LinkAja. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis SEM berbasis Partial Least Square pada software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap, norma subyektif, dan persepsi kontrol perilaku berpengaruh terhadap intensi. Apabila secara langsung persepsi kontrol perilaku tidak menunjukkan adanya pengaruh terhadap perilaku, maka dengan adanya mediasi dari intensi, persepsi kontrol perilaku berpengaruh terhadap perilaku. Penelitian ini berimplikasi bagi pihak fintech dan pemasar untuk mengevaluasi referent dari norma subyektif yang dapat dijadikan bahan evaluasi strategi promosi dalam meningkatkan minat dan jumlah pengguna Layanan Syariah LinkAja di berbagai daerah di Indonesia. Kata Kunci: Layanan Syariah LinkAja, Perilaku, Intensi, Sikap, Norma Subyektif, Persepsi Kontrol Perilaku.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Layanan Syariah LinkAja, Perilaku, Intensi, Sikap, Norma Subyektif, Persepsi Kontrol Perilaku
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > 74134 - Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: NADHIRAH ULFAH 1726315
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:11
Last Modified: 06 Dec 2022 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23925

Actions (login required)

View Item View Item