USABILITY TESTING PADA APLIKASI E – LIBRARY UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE

MEYDIANA, DINA (2022) USABILITY TESTING PADA APLIKASI E – LIBRARY UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

E-Library UIN Raden Fatah adalah suatu aplikasi perpustakaan dari UPT. UIN Raden Fatah Palembang yang berguna untuk membaca buku, jurnal, majalah, novel, prosiding, dan mendapatkan informasi secara online. Aplikasi ini dapat diakses melalui smartphone sehingga memudahkan pengguna untuk membaca, meminjam, dan mengembalikan buku serta mendapatkan informasi tanpa terhalang jarak dan waktu. Tetapi terdapat keluhan dari para pengguna yang merasa adanya kendala dan kekurangan ketika menggunakan aplikasi ini. Oleh karena itu untuk mengetahui permasalahan yang ada pada aplikasi tersebut maka dilakukanlah usability testing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hasil dari tingkat tes kegunaan aplikasi e-Library UIN Raden Fatah oleh para pengguna khususnya mahasiswa sebagai respondennya dengan menggunakan metode System Usability Scale (SUS) yang terdiri dari 10 pernyataan dalam bentuk kuesioner dan disebarkan kepada 300 responden. Hasil dari penelitian ini memperoleh nilai rata-rata SUS sebesar 66 dengan adjective ratings “Ok”, kemudian grade scale masuk ke dalam kelas “D”, dan acceptability ranges berada pada kategori “Marginal” dan range “High”. Sedangkan percentile rank terletak pada percentile ke-44%. Dengan demikian dari hasil tersebut menunjukkan bahwa aplikasi e-library UIN Raden Fatah dapat diterima akan tetapi masih membutuhkan perbaikan untuk meningkatkan usabilitasnya, lalu diberikan beberapa rekomendasi perbaikan yang diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan untuk pengembang aplikasi dalam melakukan perbaikan usability sehingga aplikasi e-Library UIN Raden Fatah memiliki tingkat usability yang tinggi dan dapat mencapai kepuasan pengguna.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: E-Library, Usability Testing, System Usability Scale (SUS).
Subjects: Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 57201 - Sistem Informasi
Depositing User: DINA MEYDIANA
Date Deposited: 15 Dec 2022 01:07
Last Modified: 15 Dec 2022 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24062

Actions (login required)

View Item View Item