ANALISIS PROGRAM TRANSFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL DALAM UPAYA PENINGKATAN LITERASI MASYARAKAT DI DINAS PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA SELATAN

Wella Amelia Putri, Wella Amelia Putri (2022) ANALISIS PROGRAM TRANSFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS INKLUSI SOSIAL DALAM UPAYA PENINGKATAN LITERASI MASYARAKAT DI DINAS PERPUSTAKAAN PROVINSI SUMATERA SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, Uin Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
halaman cover .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam upaya peningkatan literasi masyarakat di Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program transformasi perpustakaan dalam upaya meningkatkan literasi masyarakat dan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh staf perpustakaan dalam melaksanakan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan untuk mengetahui kendalanya. Di hadapi pustakawan dalam melaksanakan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dalam meningkatkan literasi masyarakat di perpustakaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. 2 orang pustakawan dan 2 anggota masyarakat program inklusi sosial menjadi peserta penelitian. Analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial telah dilaksanakan meskipun belum optimal. Keterbatasan sumber daya manusia, menjadi kendala utama. Strategi yang digunakan adalah pembentukan tim sinergi, promosi dan sosialisasi. Sementara itu, kendala yang ditemukan adalah minimnya dana anggaran yang disediakan untuk menjalankan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan sulitnya mencari orang untuk berpartisipasi dalam program tersebut. Kesimpulannya, program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di Dinas Perpustakaan Provinsi Sumatera Selatan terhambat dalam meningkatkan literasi masyarakat. Kata kunci : Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Literasi Masyarakat, Program Transformasi, Dinas Perpustakaan Prov Sumsel.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Literasi Masyarakat, Program Transformasi, Dinas Perpustakaan Prov Sumsel.
Subjects: Adab dan Humaniora > Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: WELLA AMELIA PUTRI 1820403036
Date Deposited: 15 Dec 2022 03:32
Last Modified: 15 Dec 2022 03:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24081

Actions (login required)

View Item View Item