PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MI MUJAHIDIN PALEMBANG

WAHYUDI, KHOIRI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MI MUJAHIDIN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (825kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media pembelajaran video menggunakan aplikasi canva, kelayakan atau kevalidan media pembelajaran, dan untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran video menggunakan aplikasi Canva pada mata pelajaran SKI materi Isra' Mi'raj di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Palembang dalam membantu kegiatan pembelajaran di kelas agar lebih efektif dan efisien. Pengembangan media pembelajaran video menggunakan aplikasi Canva ini dilakukan karena belum adanya pemanfaatan media berbasis IT (ilmu teknologi) dalam proses belajar mengajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi di Madrasah Ibtidaiyah Mujahidin Palembang. Penelitian ini merupakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan memberikan angket kepada para ahli, peserta didik, dan guru mata pelajaran pada tahap pengembangan untuk mendapatkan data dan informasi tentang validitas, dan kepraktisan pengembangan media pembelajaran video menggunakan aplikasi Canva. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Mujahidin Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran video menggunakan aplikasi Canva pada mata pelajaran SKI dikategorikan sangat valid dengan penilaian mencapai 96 % dari ahli materi, ahli media 93,9 % dan ahli bahasa 95 %. Pengembangan media pembelajaran video juga menunjukan hasil yang praktis dengan memperoleh skor persentase 89,2% pada saat uji coba kelompok kecil dan 90,9% saat uji coba lapangan serta penilaian dari guru mata pelajaran memperoleh skor persentase mencapai 90%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 11 Jan 2023 02:21
Last Modified: 12 Jan 2023 01:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24553

Actions (login required)

View Item View Item