KORELASI ANTARA KEPEMIMPINAN GURU KELAS SEBAGAI PEMBINA EKSTRAKURIKULER DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD ISLAM CENDIKIA FAIHA PALEMBANG

Nuriyani, Nuriyani (2022) KORELASI ANTARA KEPEMIMPINAN GURU KELAS SEBAGAI PEMBINA EKSTRAKURIKULER DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD ISLAM CENDIKIA FAIHA PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 R.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Korelasi Antara Kepemimpinan Guru Kelas Sebagai Pembina Ekstrakurikuler dengan Profesionalisme Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang, untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang, untuk mengetahui bagaimana korelasi antara kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler dengan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi parsial, yakni penelitian yang menganalisis arah dan kuatnya hubungan antara dua variabel independen secara bersama-sama atau lebih dengan satu variabel dependen. Jenis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif.. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler di SD Islam Cendikia Faiha Palembang yang berjumlah 15 orang. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: Pertama, hubungan kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler terhadap hasil belajar di SD Islam Cendikia Faiha Palembang menunjukkan terdapat hubungan positif yang dibuktikan dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) kuat sebesar 0,57. Kedua, hubungan profesionalisme guru terhadap hasil belajar di SD Islam Cendikia Faiha Palembang menunjukkan terdapat hubungan positif yang dibuktikan dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) kuat sebesar 0,53. Ketiga, hasil analisis product moment mengenai hubungan antara kepemimpinan guru kelas sebagai pembina ekstrakurikuler dengan profesionalisme guru terhadap hasil belajar siswa di SD Islam Cendikia Faiha Palembang menunjukkan terdapat hubungan positif pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,89 dibuktikan dengan Fhitung (7,78) lebih besar dari Ftabel (3,89) seperti: 7,78 > 3,89, maka tolak Ho dan terima Ha (signifikan), dengan koefisien korelasi (kekuatan pengaruh) kuat sebesar 0,65.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kepemimpinan, Profesionalisme Guru, Hasil Belajar Siswa
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 16 Jan 2023 01:28
Last Modified: 16 Jan 2023 01:28
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24575

Actions (login required)

View Item View Item