PENGEMBANGAN SOAL NAHWU BERBASIS KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF MENGGUNAKAN MEDIA GAME EDUCANDY DI MTS FAJAR SIDDIQ PALEMBANG

Julianti, Nur Putri Pajar (2022) PENGEMBANGAN SOAL NAHWU BERBASIS KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF MENGGUNAKAN MEDIA GAME EDUCANDY DI MTS FAJAR SIDDIQ PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER-1.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
Kumpulan Soal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berfikir kreatif merupakan perkara penting yang tertuang secara tidak langsung dalam tujuan pembelajaran di dalam kurikulum 2013 yakni menguasai konsep dan prinsip serta mempunyai keterampilan mengembangkan pengetahuan dan sikap percaya diri peserta didik. Namun, kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang masih rendah, di mana hanya ada sejumlah peserta didik yang dapat mengembangkan kemampuan atau keterampilan berpikir mereka dalam mengerjakan soal nahwu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa bisa berfikir kreatif dengan game yang menyenangkan dengan media game educandy. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, uji validasi siswa,uji reliabilitas, uji kesukaran soal, uji daya beda soal. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII 3 MTs Fajar Siddiq Palembang, dengan jumlah 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal berbasis kemampuan berpikir kreatif pada uji validasi yang dilakukan oleh dua validator pada angket yang diperiksa validator ahli materi dengan presentase 92,5 %, validator ahli media dengan nilai persentase 97 %, dan analisis validitas soal dari peserta didik memperoleh 0,64> 0,44 dengan kategori baik sehingga soal tersebut dikatakan valid dan layak digunakan. Hasil realibilitas soal dengan nilai 0,97 > 0,44 maka dapat dikatakan bahwa soal ini reliabel, hasil analisis tingkat kesukaran soal dengan rata-rata 0,592 dikategorikan sedang, hasil analisis daya beda dengan rata-rata 0,64 soal tersebut memiliki daya beda yang baik Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan soal nahwu berbasis keterampilan berpikir kreatif menggunakan game educandy peserta didik valid dan efektif digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwasanya siswa sudah bisa secara sederhana untuk dilatih berfikir kreatif melalui game educandy. Kata Kunci : Soal Nahwu, Keterampilan berfikir kreatis, game educandy

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Soal Nahwu, Keterampilan berfikir kreatif, game educandy
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: NUR PUTRI PAJAR JULIANTI 1920204048
Date Deposited: 30 Jan 2023 03:09
Last Modified: 30 Jan 2023 03:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24860

Actions (login required)

View Item View Item