PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN TEKNIK ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI ADABIYAH II PALEMBANG

Alkaff, Hubaba Aisyah (2023) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN TEKNIK ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI ADABIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Pendidik membutuhkan teknik pembelajaran yang aktif dan menyenangkan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Melihat hal tersebut, maka pengembangan buku panduan ini dilakukan karena masih kurangnya penggunaan teknik pembelajaran aktif dan menyenangkan dalam proses pembelajaran di MI, serta agar dapat membantu pendidik untuk lebih mudah menemukan Teknik Ice Breaking yang tepat sesuai materi ajar dan lama waktu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari buku panduan Ice Breaking untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di MI Adabiyah II Palembang. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan memberikan angket kepada para ahli, peserta didik, dan guru kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V.5 di MI Adabiyah II Palembang dan satu guru kelas yang menjadi subjek uji coba. Hasil penelitian dari validator desain, materi dan bahasa menunjukan bahwa buku panduan Ice Breaking dikategorikan sangat valid dengan nilai rata-rata 91,3%. Pengembangan buku panduan Ice Breaking juga menunjukan hasil angket guru dengan nilai 92%, maka dari hasil tersebut dapat dikategorikan bahwa pengembangan teknik Ice Breaking untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SD/MI ini dinyatakan sangat praktis. Hasil efektifitas dari angket peserta didik juga mencapai nilai 94,3%, maka dari hasil tersebut dapat dikategorikan bahwa pengembangan teknik Ice Breaking untuk meningkatkan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku Panduan, Teknik Ice Breaking, Minat Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2023 04:59
Last Modified: 27 Jan 2023 04:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24978

Actions (login required)

View Item View Item