Pengembangan Soal Shorof Berbasis Focusing Skill dengan Menggunakan Media Nearpod di Pondok Pesantren Nurul Qomar Palembang

Amanah Khodijah, Hakiki (2023) Pengembangan Soal Shorof Berbasis Focusing Skill dengan Menggunakan Media Nearpod di Pondok Pesantren Nurul Qomar Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indo Arab Hakiki.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB 1-3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembelajaran shorof menggunakan kitab tasrif amtsilah tashrifiyyah di pondok pesantren nurul qomar palembang. materi dari kitab ini cukup luas, namun kitab ini belum di sesuaikan dengan kondisi siswi dan lingkungan di Pondok Pesantren Nurul Qomar Palembang, yang mana penggunaan bahasa pada kitab yang terlalu tinggi menjadikan siswi sulit memahami isi kitab tersebut. Karena pembelajaran shorof merupakan pembelajaran yang merubah suatu kata dengan tujuan untuk mengetahui bentuk dasar suatu kata dengan segala perubahannya, maka pendekatan yang bisa meningkatkan minat dan semangat siswa yaitu pendekatan focusing skill. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengam menggunakan dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Pengembagan media ajar ini mengacu pada teori pengembangan Quellmalz dengan menggunakan enam langkah pengembangan; potensi dan masalah, pengumpulan data, desain, desain produk, validasi desain, revisi produk, dan uji coba produk. Hasil pengembangan media ajar ini berdasarkan hasil angket kebutuhan media ajar dengan hasil rata-rata presentase rata 00,10% selain itu, memenuhi kriteria valid dengan hasil ahli uji materi mencapai tingkat kevalidan 0,,,,3 dan hasil dari ahli media dengan tingkat kevalidan 01,,03 Sedangkan telah diterapkan didalam kelas, hasil pre test siswi mendapatkan nilai rata-rata %0,113 dan post test dengan nilai rata-rata 00,193 Berdasarkan analisis menggunakan uji T (paired) nilai Sig. (9-tailed) sebesar 9,999 < 9,90, maka bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dengan pengaruh yang nyata antara hasil belajar shorof pada pre test dan post test. Oleh karena itu keputusannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat keefektifan penggunaan media ajar pada soal shorof dengan pendekatan focusing skill di pondok pesantren nurul qomar palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan soal shorof, keefektifan media ajar, focusing skill
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: HAKIKI AMANAH KHODIJAH 1910204007
Date Deposited: 30 Jan 2023 07:21
Last Modified: 30 Jan 2023 07:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24986

Actions (login required)

View Item View Item