UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 2 DI MIN 2 PALEMBANG

Herlisa, Herlisa and Siti, Siti (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 2 DI MIN 2 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I-5.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran memiliki banyak faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan pembelajaran, salah satunya adalah upaya guru dalam kegiatan pembelajaran. Pendidik memiliki beberapa peran dalam pendidikan. Tujuan pendidikan digambarkan untuk membentuk karakter superior bagi seorang individu dan untuk mengajar kehidupan negara seperti halnya membangun pribadi yang utuh. Berdasarkan hasil observasi awal, ketika waktu belajar sering kali siswa-siswi dalam kelas ada yang rajin, giat dan ada juga yang bermalas-malasan untuk belajar, ada yang membuat ramai didalam kelas, ada yang mengantuk ketika proses belajar sedang berlangsung, ada yang suka bermain-main, dan ada juga yang tidak serius mengikuti pelajaran yang diajarkan oleh guru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya guru dan faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 2 di MIN 2 Palembang. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang dapat dilihat dari penelitian upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 2 di MIN 2 Palembang ini adalah 1) guru memberi nilai angka, 2) guru menciptakn kompetisi, 3) guru memberi hadiah kepada siswa, 4) guru membangun ego-involvement, 5) guru memberikan ulangan secara rutin, 6) guru meberitahukan hasil belajar, 7) guru memberi pujian kepada siswa dan 8) guru memberi hukuman kepada siswa. Sedangkan Faktor pendukung peran guru dala meningkatkan motivasi belajar siswa adalah kesehatan siswa, kesungguhan siswa dalam belajar, sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kompetensi dan kualifikasi akademik guru dan faktor psikologis yang berdampak pada tingkat pemahaman terhadap materi pelajaran yang rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Upaya Guru, Meningkatkan Motivasi, Motivasi Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2023 07:52
Last Modified: 27 Jan 2023 07:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24987

Actions (login required)

View Item View Item