PENGARUH PENERAPAN METODE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV DI SDN 2 TERUSAN MENANG

Herliana Sari, Winni (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IV DI SDN 2 TERUSAN MENANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini betujuan untuk mengetahui minat belajar siswa yang diterapkan metode eksperimen dan minat belajar siswa yang tidak diterapkan metode eskperimen serta mengetahui pengaruh metode make a match berbantuan media wordwall. Jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini penulis mengambil kelas IV yang berjumlah 37 siswa dengan melihat minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa sebelum dan sesudah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan regresi linear sederhana. Penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian (1) Minat belajar siswa pada kelas Kontrol yang tidak diterapkan metode make a match berbantuan media wordwall, menunjukkan kenaikan minat belajar siswa yang cukup signifikan, hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh dari penyebaran angket pada kelas kontrol. Dimana cukup terjadinya peningkatan minat belajar siswa pada kelas kontrol yang awalnya 59,62 menjadi 67. (2) Minat belajar siswa pada kelas Eksperimen yang dalam penerapannya menggunakan metode make a match berbantuan media wordwall, menunjukkan kenaikan minat belajar siswa yang sangat signifikan, hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh dari penyebaran angket pada kelas eksperimen. Dimana terjadinya peningkatan minat belajar siswa pada kelas eksperimen yang awalnya 60,19 menjadi 80,47 (3) metode make a match berbantuan media wordwall berpengaruh terhadap minat belajar siswa kelas IV dari hasil perhitungan uji regresi sederhana menunjukkan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. Kata kunci: Metode Make A Match, Minat Belajar, Mata Pelajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode Make A Match, Minat Belajar, Mata Pelajaran PAI
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:13
Last Modified: 27 Jan 2023 08:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24997

Actions (login required)

View Item View Item