Pengembangan Materi Qiraah Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Media Pixton Komik di MTs Negeri 1 Palembang

Ulayya, Shenyta (2023) Pengembangan Materi Qiraah Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Media Pixton Komik di MTs Negeri 1 Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi qiraah berbasis pendekatan saintifik yang dikemas dalam media komik pada aplikasi Pixton. Karena rendahnya pemahaman peserta didik dalam membaca teks qiraah pada buku paket bahasa Arab yang telah disediakan disekolah. Ditambah lagi belajar bahasa asing tidaklah mudah dibandingkan belajar bahasa ibu yang memang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mempermudah peserta didik belajar dan memahami bahasa Arab, maka diperlukan sebuah media yang asyik untuk membangkitkan minat anak belajar bahasa asing, sehingga tujuan pebelajaran tercapai dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (RND) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dengan menggunakan teori pengembangan model Borg and Gall yang melalui beberapa tahapan pengembangan, yang diringkas menjadi 6 tahapan pengembangan yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk , validasi, revisi produk, dan uji coba produk. Dari hasil nilai pre-test dan post-test pada uji coba lapangan di MTs Negeri 1 Palembang pada kelas VII E dengan jumlah sampel 30 orang peserta didik. Menunjukkan perbedaan dari hasil nilai pre-test dengan rata-rata 51,66% dan hasil nilai post-test 79,03%. Hasil dari validator ahli materi skor sebesar 94,11% dengan kriteria sangat layak atau valid dan hasil validator ahli media dengan skor 94,64% dengan kriteria sangat layak atau valid. Dan hasil respon peserta didik pada saat uji coba produk diperoleh sebesar 85,4% dengan kategori sangat layak. Maka produk yang dikembangkan efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Materi Qiraah, Media Pembelajaran, Saintifik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: SHENYTA ULAYYA 1910204015
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:43
Last Modified: 31 Jan 2023 03:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/24999

Actions (login required)

View Item View Item