Analisis Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Guru Dalam Pembelajaran Pada New Normal Kelas II Di SD Negeri 1 Ulak Pianggu Kecamatan Pampangan

Diva, Diva and Karen, Karen (2022) Analisis Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Guru Dalam Pembelajaran Pada New Normal Kelas II Di SD Negeri 1 Ulak Pianggu Kecamatan Pampangan. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB 1 KAREN REPOSITORY.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V KAREN DIVA.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perencanaan dalam pembelajaran pada new normal kelas II di SD Negeri 1 Ulak Pianggu, (2) pelaksanaan dalam pembelajaran pada new normal kelas II di SD Negeri 1 Ulak Pianggu, (3) evaluasi guru dalam pembelajaran pada new normal kelas II di SD Negeri 1 Ulak Pianggu. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif, alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data menggunakan Miles & Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran new normal sudah cukup baik, dalam perencanaannya Guru sudah menyusun dan membuat perangkat pembelajaran seperti Silabus, RPP, Prota, Prosem, materi ajar, dan rincian minggu efektif sesuai kurikulum yang diterapkan yaitu K-13. (2) Pelaksanaan pembelajaran new normal sudah baik, dalam pembelajarannya sudah kembali normal seperti biasa, kegiatan pembelajarannya berjalan dengan baik, guru menyampaikan materi secara teratur berdasarkan RPP yang dibuat, dimana guru telah melakukan tiga tahap pembelajaran secara baik yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup menggunakan metode pembelajaran yaitu metode ceramah, penugasan, tanya jawab dan diskusi. (3) Evaluasi guru dalam pembelajaran new normal sudah cukup baik, dalam pengevaluasiannya guru menggunakan dua jenis evaluasi yaitu: tes dan nontes. Tes dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan hasil belajar siswa. Tes yang digunakan yaitu tes formatif dengan melakukan penilaian tengah semester (PTS) dan tes sumatif dengan melakukan penilaian akhir semester (PAS) dilaksanakan secara tertulis berupa soal sedangkan nontes yaitu melakukan penilaian pengamatan sistematis terhadap sikap, minat dan keterampilan siswa pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pembelajaran New Normal
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:04
Last Modified: 30 Jan 2023 04:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25000

Actions (login required)

View Item View Item