PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI MI ASSEGF PALEMBANG

YONADA, FITRIA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI MI ASSEGF PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 (FITRIA YONADA).pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (FITRIA YONADA).pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang permasalahan yang ada di MI Assegaf Palembang yaitu masih banyak siswa yang mendapatkan nilai rendah pada mata pelajaran matematika. Banyak hal yang menimbulkan masalah bagi siswa dalam belajar matematika. Salah satunya yaitu model yang digunakan guru mata pelajaran kurang memadai. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa kelas V di MI Assegaf Palembang . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre experiment design dalam bentuk one group pretest-posttest design. Desain ini dapat membandingkan dua data sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang diujikan yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dibantu dengan program SPSS Statistics 25 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada pre-test adalah 50,00 dan post-test adalah 82,11. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa sebesar 32,11. Diketahui nilai R Square sebesar 0,274. Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh model pembelajaran Realistic Mathmeatics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa adalah 27,4%, sedangkan 72,6% dipengaruhi oleh faktor atau variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Diketahui bahwa sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan signifikansi bahwa adanya pengaruh dari Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa kelas V di MI Assegaf Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 30 Jan 2023 04:25
Last Modified: 30 Jan 2023 04:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25017

Actions (login required)

View Item View Item