Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau Dari Penggunaan Media Berbasis ICT Kelas III MIN 01 Ogan Ilir.

Gustiani, Wulandari (2023) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Ditinjau Dari Penggunaan Media Berbasis ICT Kelas III MIN 01 Ogan Ilir. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI WULANDARI GUSTIANI.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI WULANDARI GUSTIANI.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) apa saja bentuk kesulitan belajar matematika ditinjau dari penggunaan media berbasis ICT Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ogan Ilir; (2) faktor penyebab kesulitan belajar matematika ditinjau dari penggunaan media berbasis ICT Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ogan Ilir dan; (3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika ditinjau dari penggunaan media berbasis ICT Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ogan Ilir. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu: pertama,bentuk kesulitan belajar yang dialami oleh siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Ogan Ilir yang pertama kesulitan dalam materi perkalian karena siswa hanya hapal perkalian 1-5 yang menyebabkan siswa kurang memahami konsep perkalian serta siswa belum menguasi cara untuk mengerjakan soal sehingga mengalami kesulitan, kedua kesulitan dalam materi pembagian hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya pemahaman siswa tentang konsep pembagian, dan ketiga kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita hal ini disebabkan karena masih ada siswa yang belum bisa membaca sehingga siswa tidak mengerti maksud dan tujuan dari soal tersebut. Kedua,faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas III yaitu faktor kurangnya minat siswa dalam pembelajaran matematika, faktor kesehatan yang tidak optimal, faktor suasana kelas yang tidak kondusif dan faktor kurangnya bimbingan orangtua dirumah. Ketiga,upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belar matematika dengan cara guru dalam menyampaikan materi ajar menggunakan media pembelajaran serta menggunakan alat peraga dengan tujuan untuk mempermudah siswa untuk memahami materi tersebut. Dan mengadakan remedial (program perbaikan) terhadap siswa yang mendapat nilai dibawah KKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Matematika, Media Berbasis ICT
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 02 Feb 2023 05:51
Last Modified: 02 Feb 2023 05:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25087

Actions (login required)

View Item View Item