STRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) UNTUK MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA DI TK AZHARYAH PALEMBANG

Agusti, Aulia (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE BCM (BERMAIN, CERITA, MENYANYI) UNTUK MOTIVASI BELAJAR PAI PADA SISWA DI TK AZHARYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Strategi guru dan metode pembelajaran merupakan satu hal penting dalam proses belajar mengajar. Pengunaan strategi yang baik saat mengajar dan metode yang bervariasi dapat membuat proses pembelajaran menjadi menarik bagi anak dan materi dapat tersampaikan dan dipahami dengan baik. Hai ini dapat membuat anak termotivasi dalam belajar, khususnya dalam pembelajaran PAI. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi guru dalam menerapkan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) di TK Azharyah Palembang. Bagaimana motivasi belajar siswa terhadap Pembelajaran PAI di TK Azharyah Palembang. Bagaimana strategi Guru dalam menggunakan metode BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) untuk motivasi belajar PAI pada siswa di TK Azharyah Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif-kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa di TK Azharyah Palembang. Pengabsahan data menggunakan triangulasi data. Selanjutnya, data diolah dan dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) TK Azharyah Palembang menerapkan metode Bermain, Cerita dan Menyanyi dalam proses pembelajarannya; (2) Faktor penghambat dalam menerapkan metode Bermain, Cerita dan Menyanyi di TK Azharyah yaitu terbatasnya media pembelajaran dan waktu pembelajaran yang relatif singkat untuk menerapkan metode BCM pada pembelajaran PAI; (3) Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut bisa dilakukan dengan cara memaksimalkan media yang ada, contohnya smartphone, buku, atau lingkungan; membuat situasi yang menyenangkan, sehingga anak tergugah dan termotivasi pada pembelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Metode BCM, Motivasi Belajar PAI
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 01 Feb 2023 01:58
Last Modified: 01 Feb 2023 01:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25123

Actions (login required)

View Item View Item