CERIA, R. EVENDA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MENGGUNAKAN PENDEKATAN PMRI DENGAN KONTEKS ISLAM MELAYU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
COVER.pdf Download (539kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (62kB) | Preview |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar e-modul bangun ruang kubus dan dan balok menggunakan pendekatan PMRI dengan konteks Islam Melayu yang valid, praktis, dan mengetahui efek potensial terhadap pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Development Research dengan tipe formative research model Tessmer. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari tahap preliminary (persiapan dan pendesainan) dan alur formative evaluation (tahap self evaluation, one-to-one, small group, dan field test). Konten materi yang disusun berdasarkan pendekatan PMRI yang dipadukan dengan konteks Islam Melayu serta memperhatikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Data kevalidan diperoleh berdasarkan hasil angket kevalidan yang dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui komentar dan saran dari validator. Data kepraktisan didapatkan berdasarkan hasil angket kepraktisan yang dianalisis secara deskriptif kualitatif berdasarkan komentar dan saran siswa. Efek potensial didapatkan dari hasil analisis jawaban siswa pada tes evaluasi yang ada pada e-modul. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Fajar Siddiq Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan komentar dan saran validator dan dinyatakan praktis berdasarkan angket kepraktisan respon siswa serta e-modul yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap pemecahan masalah matematis siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 81,8%, kategori sangat tinggi sebesar 27,3%, kategori tinggi sebesar 54,5%, dan kategori sedang sebesar 18,2%.
Actions (login required)
View Item |