Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Video Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Kelas 5 SD/MI

Dona, Rahma (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Video Berbasis Kearifan Lokal Pada Tema 3 Subtema 2 Pentingnya Makanan Sehat Bagi Tubuh Kelas 5 SD/MI. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I RAMA.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V RAMA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh kemajuan teknologi yang semakin modern dalam dunia pendidikan, namun dibeberapa sekolah pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan belum digunakan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kevalidan bahan ajar berbentuk video berbasis kearifan lokal pada tema 3 subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh kelas V SD/MI (2) mengetahui kepraktisan bahan ajar berbentuk video berbasis kearifan lokal pada tema 3 subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh kelas V SD/MI (3) mengetahui keefektifan bahan ajar berbentuk video berbasis kearifan lokal pada tema 3 subtema 2 pentingnya makanan sehat bagi tubuh kelas V SD/MI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, angket, tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini, yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kevalidan video berbasis kearifan lokal adalah sebesar 88,14%, dengan kategori sangat valid. Untuk tingkat kepraktisan dari video berbasis kearifan lokal dilihat dari angket respon siswa, yang memperoleh hasil sebesar 89,8% dengan kategori sangat praktis. Kemudian untuk tingkat keefektifan video berbasis kearifan lokal memperoleh hasil 97,7% dengan kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Makanan Sehat
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:01
Last Modified: 03 Feb 2023 02:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25136

Actions (login required)

View Item View Item