Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Kesalahan Kastolan Pada Materi SPLDV kelas VIII Ditinjau dari Gender

Permata Sari, Octavia (2023) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Kesalahan Kastolan Pada Materi SPLDV kelas VIII Ditinjau dari Gender. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 OCTAVIA PS.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 OCTAVIA PS.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Sistem Persamaan Linier Dua Variabel adalah salah satu materi yang dipelajari oleh siswa. Namun, masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal SPLDV. Salah satu faktor penyebab kesalahan adalah gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal SPLDV menurut Kesalahan Kastolan yang ditinjau dari gender. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan tes dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data pada penelitian ini.. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan tes, wawancara serta dokumentasi. Tes diberikan kepada seluruh siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 7 Lubuklinggau yang berjumlah 26 siswa, kemudian dari 26 siswa dipilih sebanyak 6 orang siswa yang terdiri dari 3 siswa dan 3 siswi untuk menjadi narasumber wawancara. Pada penelitian menggunakan 4 tahapan analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh hasil kesalahan konseptual sebesar 0%, kesalahan prosedural pada subjek laki-laki dan perempuan sebesar 50%, dan 46,15%. Dari temuan peneliti, terdapat 2 faktor penyebab kesalahan prosedural pada penelitian ini yaitu siswa tidak memahami langkah-langkah penyelesaian dari soal sehingga tidak dapat menyelesaikan soal hingga akhir dan siswa tidak memahami penyelesaian selanjutnya dari soal sehingga tidak dapat melanjutkan pengerjaan masalah sebelumnya dan kesalahan teknik pada subjek laki-laki dan perempuan sebesar 9,6% dan 5,76%.Dari temuan peneliti terdapat 2 faktor penyebab kesalahan teknik pada penelitian ini yaitu siswa kurang teliti dalam melakukan proses perhitungan dan siswa tidak paham dengan langkah-langkah perhitungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Siswa, SPLDV, Kesalahan Kastolan
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:02
Last Modified: 03 Feb 2023 02:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25152

Actions (login required)

View Item View Item