PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN PMRI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK KELAS VIII SMP

Nabilah, Silvi (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN PMRI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK KELAS VIII SMP. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada materi sistem persamaan linear dua variabel yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and development (R&D). Prosedur dalam penelitian ini dibagi 2 tahapan, yaitu: tahap preliminary (tahap persiapan dan pendesainan) dan tahap prototyping dengan menggunakan alur formative evaluation (self evaluation, one-to-one, small group, dan field test). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket, dan tes. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.6 SMP Negeri 27 Palembang. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Penilaian kriteria kevalidan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) memperoleh persentase sebesar 83,16% sehingga Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dinyatakan valid. (2) Penilaian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk kriteria kepraktisan memperoleh persentase sebesar 92,95% pada tahap one-to-one, 93,46% pada tahap small group, dan 83,23% pada tahap field test sehingga Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dinyatakan sangat praktis. (3) Penilaian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan kriteria memiliki efek potensial terhadap hasil belajar dilihat berdasarkan tes hasil belajar yang mencapai ketuntasan KKM ≥ 65 dengan persentase ketuntasan 78,26% dengan kriteria baik sehingga Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dinyatakan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 05 Feb 2023 15:30
Last Modified: 05 Feb 2023 15:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25246

Actions (login required)

View Item View Item