Wahyuni, Sri Ayu (2023) Pengembangan Bahan Ajar Modul Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
skripsi bab 1.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text
skripsi bab 5 .pdf Download (73kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Bahan Ajar Modul Matematika dengan Pendekatan Kontekstual pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan prosedur model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 44 Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) modul yang valid dilihat berdasarkan penilaian lembar angket validasi dari validator; 2) modul yang praktis dilihat berdasarkan penilaian terhadap angket respon siswa; dan 3) modul yang efektif ditinjau dari hasil jawaban peserta didik terhadap tes hasil belajar dengan jumlah 36 siswa dan 4 orang siswa dinyatakan tidak memenuhi KKM dengan rata-rata nilai yaitu 79,38 dengan persentase ketuntasan tes hasil belajar siswa mencapai 89% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Modul, Pendekatan Kontekstual, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 01:34 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 01:34 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25355 |
Actions (login required)
View Item |