EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE IMAGERY UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN MASYARAKAT TERHADAP VAKSINASI COVID 19 DI DESA MUARA EMBURUNG KABUPATEN MUARA ENIM

Sari, Putri Purmita (2022) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK RATIONAL EMOTIVE IMAGERY UNTUK MEREDUKSI KECEMASAN MASYARAKAT TERHADAP VAKSINASI COVID 19 DI DESA MUARA EMBURUNG KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB) | Request a copy

Abstract

Abstrak Penelitian ini berjudul “Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Rational Emotive Imagery Untuk Mereduksi Kecemasan Masyarakat Terhadap Vaksinasi Covid 19 Di Desa Muara Emburung Kabupaten Muara Enim.”. Latar belakang dari penelitian ini yaitu ditandai dengan adanya permasalahan Covid-19 yang menyebabkan pemerintah memberikan pencegahan berupa pemberian vaksin untuk menurunkan kasus Covid-19. Maka dari itu vaksin tersebut menyebabkan masyarakat mengalami kecemasan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran tingkat kecemasan masyarakat dan efektivitas konseling kelompok dengan teknik rational emotive imagery dalam mereduksi kecemasan masyarakat terhadap vaksin di masa pandemi Covid-19 di desa Muara Emburung Kabupaten Muara Enim. Metode dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif dengan penelitian true exsperimental design, rancangan penelitian Pretest Posttest Control Group Design, instrumen yang digunakan yaitu kuisioner (angket), dan dokumentasi. Populasi adalah 14 orang dan teknik sampling yang digunakan adalah random sampling yaitu 10 orang. Analisis data yang digunakan yaitu uji Wilcoxon. Dari hasil penelitian gambaran tingkat kecemasan masyarakat dari ke-10 anggota sampel, secara umum dapat diperoleh hasil yaitu 3 orang yang berkategori tinggi dengan persentase 22%, 6 orang berkategori sedang dengan persentase 60% , 1 orang yang berkategori rendah dengan persentase 18%. Jadi dapat disimpulkan bahwa perilaku kecemasan masyarakat terhadap vaksin dikategorikan sedang. Dengan hasil analisis data menggunakan uji Wilcoxon diketahui Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 043. Nilai 0. 043 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ha diterima dan ho ditolak, yang artinya ada perbedaan antara hasil pretest kelompok eksperimen serta kelompok kontrol dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jadi bisa disimpulkan konseling kelompok teknik rational emotive imagery efektif digunakan dalam mereduksi kecemasan masyarakat terhadap vaksin di masa pandemi Covid- 19 desa Muara Emburung Kabupaten Muara Enim. Kata kunci: konseling kelompok, teknik rational emotive imagery, kecemasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: konseling kelompok, teknik rational emotive imagery, kecemasan.
Subjects: 000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Perpustakaan dan Ilmu Informasi, Kearsipan
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Terbitan Berseri, Berkala, Publikasi Umum
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Media Massa, Jurnalisme, Publikasi
000 Komputer, Informasi, dan Referensi Umum > Kumpulan Karya Umum, Kutipan, Koleksi Abstrak Umum
Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: PUTRI PURMITA SARI 1820502047
Date Deposited: 07 Mar 2023 03:14
Last Modified: 07 Mar 2023 03:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25614

Actions (login required)

View Item View Item