Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Untuk Melihat Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP

Rinjani, Silvia (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Untuk Melihat Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Chapter 1.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Chapter 5.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis discovery learning untuk siswa kelas VIII pada materi relasi dan fungsi yang memiliki kualitas valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis discovery learning pada materi relasi dan fungsi yang memiliki kualitas valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek uji lapangan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nurul Amal Palembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu analize, design, develop, implementation, dan evaluation. Data penelitian diperoleh melalui observasi, lembar validasi, angket, dan tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) LKPD matematika dengan model discovery learning pada materi relasi dan fungsi untuk siswa SMP kelas VIII memiliki kualitas valid, praktis, dan efek potensial terhadap hasil kemampuan pemecahan masalah siswa 2) penilaian kriteria kevalidan LKPD dari ahli media sebesar sebesar 73% dengan kriteria “valid” dan ahli materi sebesar 84% dengan kriteria “sangat valid” sehingga LKPD dinyatakan valid; 3) penilaian LKPD untuk kriteria kepraktisan memperoleh presentase sebesar 46,6% untuk kriteria “Cukup Setuju” dengan 53,3 untuk kriteria “Setuju” sehingga LKPD dinyatakan praktis; 4) penilaian LKPD dengan kriteria memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dilihat berdasarkan tes hasil kemampuan pemecahan masalah siswa yang mencapai secara keseluruhan indikator sebesar 82,40% dengan kriteria “sangat baik” sehingga LKPD dinyatakan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah,
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:37
Last Modified: 07 Mar 2023 02:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25630

Actions (login required)

View Item View Item