Penguatan Pendidikan Nilai di Sekolah atau Madrasah (Suatu Upaya Internalisasi, Sosialisasi, dan Enkulturalisasi)

Muhammad, Fauzi (2021) Penguatan Pendidikan Nilai di Sekolah atau Madrasah (Suatu Upaya Internalisasi, Sosialisasi, dan Enkulturalisasi). Penguatan Pendidikan Nilai di Sekolah atau Madrasah (Suatu Upaya Internalisasi, Sosialisasi, dan Enkulturalisasi), 1 (1). pp. 195-200. ISSN 2829-0224

[img]
Preview
Text
document-6.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi perubahan cepat karena didukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, sehingga membawa perubahan-perubahan dalam cara berpikir, cara menilai, cara berperilaku, dan cara menghargai hidup dan kenyataan. Perubahan ini membuat degradasi moral terjadi karena runtuhnya nilai-nilai jatidiri bangsa karena kegagalan pendidikan nilai. Proses pendidikan yang hanya mengandalkan transfer of value belum sampai pada culture of value. Penguatan Pendidikan nilai di sekolah/madrasah dilakukan dengan penanaman nilainilai melalui suatu proses internalisasi, sosialisasi, enkulturasi (pembudayaan). Pendidikan nilai sebagai substansi hakiki suatu pendidikan pada semua jenis, jalur, dan jenjang pendidikan. Sekolah/madrasah merupakan tenpat yang tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan ilmu dan nilai. Ijtihad Pendidikan merupakan cara memperkuat kembali pendidikan nilai di sekolah/madrasah melalui proses internalisasi, sosialisasi, dan enkulturasi pendidikan nilai di lembaga pendidikan formal, informal, dan non formal secara integral, sistematis-sistemik, sinergis-simultan, dan berkelanjutan (sustainable)

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 16 Mar 2023 04:32
Last Modified: 16 Mar 2023 04:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25925

Actions (login required)

View Item View Item