Muhammad, Fauzi (2021) Penguatan Pendidikan Nilai di Sekolah atau Madrasah (Suatu Upaya Internalisasi, Sosialisasi, dan Enkulturalisasi). Penguatan Pendidikan Nilai di Sekolah atau Madrasah (Suatu Upaya Internalisasi, Sosialisasi, dan Enkulturalisasi), 1 (1). pp. 195-200. ISSN 2829-0224
|
Text
document-6.pdf Download (183kB) | Preview |
Abstract
Di era globalisasi perubahan cepat karena didukung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat, sehingga membawa perubahan-perubahan dalam cara berpikir, cara menilai, cara berperilaku, dan cara menghargai hidup dan kenyataan. Perubahan ini membuat degradasi moral terjadi karena runtuhnya nilai-nilai jatidiri bangsa karena kegagalan pendidikan nilai. Proses pendidikan yang hanya mengandalkan transfer of value belum sampai pada culture of value. Penguatan Pendidikan nilai di sekolah/madrasah dilakukan dengan penanaman nilainilai melalui suatu proses internalisasi, sosialisasi, enkulturasi (pembudayaan). Pendidikan nilai sebagai substansi hakiki suatu pendidikan pada semua jenis, jalur, dan jenjang pendidikan. Sekolah/madrasah merupakan tenpat yang tidak dapat dipisahkan dari proses pendidikan ilmu dan nilai. Ijtihad Pendidikan merupakan cara memperkuat kembali pendidikan nilai di sekolah/madrasah melalui proses internalisasi, sosialisasi, dan enkulturasi pendidikan nilai di lembaga pendidikan formal, informal, dan non formal secara integral, sistematis-sistemik, sinergis-simultan, dan berkelanjutan (sustainable)
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 04:32 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 04:32 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25925 |
Actions (login required)
View Item |