Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas IV Melalui Modul Belajar Numerasi Terintegrasi Nilai Islam Pada Materi Bangun Datar

Faturrahman, Muhammad Paris (2023) Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas IV Melalui Modul Belajar Numerasi Terintegrasi Nilai Islam Pada Materi Bangun Datar. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi BAB 1.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi BAB 5.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Literasi matematika adalah kemampuan siswa untuk merumuskan, menggunakan dan menginterpretasikan matematika dalam berbagai konteks. Hal ini mencakup penalaran matematika dengan menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematis untuk menggambarkan, menjelaskan dan memprediksi fenomena. Pada penelitian ini beberapa instrument yang dipersiapkan yaitu modul numerasi yang terintegrasi nilai islam, pedoman wawancara, dan instrument soal tes. Penelitian ini dilakukan di SDN 227 Palembang tepatnya di kelas IV dengan jumlah siswa ada sebanyak 26 siswa dengan materi bangun datar. Pada penelitian ini metode penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif. Tahapan yang dilakukan pada penelitian ini persiapan, palaksanaan dan analisis data. Data yang telah didapat akan diolah dan dikelompokkan berdasarkan kriteria kemampuan. Kriteria kemampuan terdiri dari tinggi, sedang, dan rendah. Setelah dikelompokkan berdasarkan kriteria maka selanjutnya diambil setiap kategori 2 siswa untuk diwawancarai mengenai kesulitan dan kendala mereka dalam menyelesaikan soal diukur dari 3 kemampuan yaitu, kemampuan merumuskan masalah, kemampuan menerapkan konsep, dan kemampuan menafsirkan hasil penyelesaian. Dari penelitian ini diketahui bahwa 4 siswa masuk kedalam kategori kemampuan tinggi yaitu siswa yang mampu memenuhi 3 komponen, 16 siswa masuk kedalam kategori sedang yaitu siswa yang mampu memenuhi setidaknya 1 komponen, dan 6 siswa masuk kedalam kategori rendah yairu siswa tidak mampu memenuhi satupun kompoenen literasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bangun Datar , Kemampuan Literasi , Modul
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Mar 2023 05:14
Last Modified: 17 Mar 2023 05:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/25960

Actions (login required)

View Item View Item