ANALISIS PENYEBAB KESULITAN MEMBACA HURUF SAMBUNG SERTA UPAYA DALAM MENGATASINYA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI NAJAHIYAH PALEMBANG

Nursuci, Rizkima (2023) ANALISIS PENYEBAB KESULITAN MEMBACA HURUF SAMBUNG SERTA UPAYA DALAM MENGATASINYA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI NAJAHIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

Membaca memiliki peran dan posisi yang penting terutama diera komunikasi dan informasi sekarang ini, jika anak pada usia sekolah belum mempunyai kemampuan dalam membaca maka ia akan banyak mengalami kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi pada kelas-kelas berikutnya apalagi peserta didik kelas IV yang sudah termasuk kelas tinggi dan sudah banyak mempelajari kata-kata baru yang jarang didengar sebelumnya jika membaca saja belum mampu maka ia akan kesulitan dalam belajar sehinngga berpengaruh pada hasil belajarnya, bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui kesulitan peserta didik kelas IV dalam membaca huruf sambung.(2)mengetahui penyebab kesulitan membaca huruf sambung pada peserta didik kelas IV di MI Najahiyah Palembang(3) mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca huruf sambung pada peserta didik kelas IV di MI Najahiyah Palembang(4) mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung guru dalam mengatasi kesuitan membaca pada peserta didik kelas IV di MI Najahiyah Palembang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan meneliti langsung kelapangan. Subjek dari penelitian ini kepala sekolah, guru/wali kelas, dan Anak kelas IV di MI Najahiyah Palembang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan sebagai berikut: (1) Kesulitan membaca huruf sambung yang dialami peserta didik biasanya berhenti setelah membaca sebuah kata, tidak segera diikuti dengan kata, pemenggalan (berhenti membaca) pada tempat yang tidak tepat atau tidak memperhatikan tanda baca, khususnya tanda koma, huruf sering tertukar dan penghilangan huruf (2)Penyebab kesulitan membaca huruf sambung yang dialami peserta didik kelas IV di MI Najahiyah Palembang yaitu faktor fisiologis, faktor intelektual, faktor lingkungan dan faktor psikologis.(3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca huruf sambung yaitu Menciptakan sekolah sebagai tempat menarik dan menyenangkan, usaha-usaha guru seperti adanya program belajar tambahan yang dilakukan diluar jam pembelajaran(4) faktor penghambat guru dalam mengatasi kesulitan membaca huruf sambung pada peserta didik kelas IV di MI Najahiyah Palembang ini berasal dari diri peserta didik, rendahnya minat peserta didik untuk membaca, lingkungan, keluarga yang kurang mendukung dan memperhatikan anaknya. Faktor pendukung guru dalam mengatasi kesulitan membaca huruf sambung pada peserta didik kelas IV di MI Najahiyah Palembang, dengan adanya program belajar tambahan dari sekolah serta orang tua yang mendukung program ini sehingga dapat dengan mudah terealisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Membaca Huruf Sambung, Upaya Mengatasinya
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 1559 not found.
Date Deposited: 03 Apr 2023 05:38
Last Modified: 03 Apr 2023 05:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26221

Actions (login required)

View Item View Item