Penerapan Teknik Mutual Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Panti Asuhan Putri Sakinah Lahat

Aulia, Widad (2023) Penerapan Teknik Mutual Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Panti Asuhan Putri Sakinah Lahat. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Penerapan Teknik Mutual Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Panti Asuhan Putri Sakinah Lahat”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan berbicara santri di Panti Asuhan Putri Sakinah Lahat dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara santri dengan menerapkann teknik mutual storytelling dengan variasi card game cerita anak-anak berjudul “Kancil dan Buaya” serta “Anak Gembala dan Serigala”. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), alat pengumpulan data yang digunakan yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu tiga santri di Panti Asuhan Putri Sakinah Lahat. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) gambaran keterampilan berbicara santri sebelum menerapkan teknik mutual storytelling yaitu bisa dilihat dari dua aspek yang digunakan yaitu aspek kebahasaan dan aspek non-kebahasaan. Sebab itu keterampilan berbicara ketiga santri ini dapat dikatakan tergolong kurang yang berarti belum cukup baik dilihat dari beberapa indikator sebelum dilakukan penerapan teknik mutual storytelling. 2) Penerapan teknik mutual storytelling untuk meningkatkan keterampilan santri melalui 3 langkah yaitu persiapan, penampilan dan evaluasi. Menggunakan variasi card game cerita anak-|anak berjudul “Kancil dan Buaya” serta “Anak gembala dan Serigala”. Hasil dari penerapan teknik mutual storytelling pada ketiga santri kini sudah bisa menyebutkan R dengan jelas. Pada intonasi, nada bicara sudah sesuai, berhenti bicara sesuai dengan tempatnya, kecepatannya dan volume suara sudah normal serta mulai antusias. Ketika berbicara, posisi badan mereka tegap. Kini mereka sudah berani berbicara dihadapan orang yang lebih tua dengan sopan dan tidak gugup lagi. Lebih percaya diri dengan dirinya daripada mendengarkan pendapat orang lain yang dapat menghambatnya. Berbicara sudah pas, tidak ragu-ragu lagi dan sudah stabil Kata kunci: Keterampilan berbicara, Mutual Storytelling

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara, Mutual Storytelling
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: WIDAD AULIA 1820502059
Date Deposited: 05 Apr 2023 01:36
Last Modified: 05 Apr 2023 01:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26251

Actions (login required)

View Item View Item