PENGARUH PENERAPAN METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV DI MI AHLIYAH II PALEMBANG

Fitri, Selviah (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV DI MI AHLIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Fiqih yang tidak menerapkan metode talking stick di MI Ahliyah II Palembang, (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran Fiqih yang menerapkan metode talking stick di MI Ahliyah II Palembang, (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan setelah penerapan metode talking stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas IV di MI Ahliyah II Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa di kelas kontrol yang tidak menerapkan metode talking stick nilai pre-test yang diperoleh semua siswa masih terkategori tidak tuntas dan pada post-test sebanyak 8 siswa (40%) terkategori tuntas dan 12 siswa terkategori tidak tuntas (60%). (2) Hasil belajar siswa di kelas eksperimen menerapkan metode talking stick nilai pre-test yang diperoleh semua siswa masih terkategori tidak tuntas dan pada post-test sebanyak 12 siswa (63,3%) terkategori tuntas dan 7 siswa terkategori tidak tuntas (36,7%). (3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t dengan menggunakan rumus independent sample t-test menunjukkan bahwa Ha diterima sebab nilai sig<0,05 yaitu 0,023<0,05. Berdasarkan data tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas IV di MI Ahliyah II Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Metode talking stick, hasil belajar siswa, mata pelajaran Fiqih.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FITRI SELVIAH 1930201125
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:08
Last Modified: 10 Apr 2023 07:08
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26338

Actions (login required)

View Item View Item