PENGARUH PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 DI SD N 9 SEMBAWA

Fatimah, Siti (2023) PENGARUH PENERAPAN METODE THINK PAIR SHARE PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 3 DI SD N 9 SEMBAWA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan metode think pair share pada pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Postest Design. Adapun sampel dari populasi yang diambil adalah seluruh kelas III dengan jumlah 32 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif dan inferensial. Analisis data dihitung dengan bantuan program SPSS for windows 25. Hasil penelitian dikelas III peneliti menemukan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode think pair share, hal ini terlihat dari hasil rata-rata (mean) hasil belajar siswa sebelum menerapkan metode think pair share memiliki nilai kategori tinggi sebesar 73 dengan persentase 9, 375% sedangkan sesudah menerapkan metode think pair share memiliki nilai kategori tinggi sebesar 91 dengan persentase 28, 125%. Hasil belajar siswa menggunakan metode thik pair share ini juga menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan, berdasarkan perhintungan bahwa sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0, 05 karena sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh setelah penerapan metode think pair share pada pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa kelas III di SD N 9 Sembawa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SITI FATIMAH 1930201133
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:14
Last Modified: 10 Apr 2023 07:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26349

Actions (login required)

View Item View Item