Rahman, Rosita (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN MENYIMPAN MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH ASSEGAF PALEMBANG.. (Skripsi). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
BAB I.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas II di MI. Assegaf Palembang pada mata pelajaran Matematika, Masalah dalam Penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan Metode Driil dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika materi penjumlahan menyimpan di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Assegaf. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Assegaf kelas II pada mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan Menyimpan dalam proses pembelajaran menggunakan metode Drill. Penelitian yang berbentuk Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dalam 2 tindakan penelitian terdiri dari prasiklus, siklus 1, dan 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas II MI. Assegaf Palembang sebanyak 21 orang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Dilaksanakan pada tahun ajaran 2015-2016 semester 1 (ganjil) yaitu dari bulan Agustus sampai bulan September 2015 dengan rincian prasiklus dilaksanakan pada hari kamis tanggal 30 Juli 2015, Siklus I pada hari Kamis tanggal 20 dan 27 Agustus 2015, Siklus II pada hari Kamis tanggal 3 dan 10 September 2015. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi dan lembar kerja siswa (LKS) selama tindakan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil dari penelitian adalah upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI. Assegaf Palembang pada mata pelajaran Matematika materi menjumlah menyimpan dengan penerapan Metode Drill berhasil dengan baik. Tingkat persentase ketuntasan Matematika untuk materi penjumlahan menyimpan siswa kelas II MI. Assegaf Palembang periode tahun ajaran 2015 – 2016 sebelum diterapkan metode Drill di dalam proses belajar mengajar matematika di kelas II MI. Assegaf tersebut sebesar 14,29 % dari jumlah siswa sebanyak 21 orang anak, kemudian meningkat menjadi 57,14 % setelah diterapkannya metode Drill (siklus 1) dan mencapai ketuntasan 100,00 % pada siklus 2. Maka disimpulkan bahwa penerapan metode Drill pada pembelajaran Matematika kelas II MI/SD khususnya pada materi menjumlah menyimpan merupakan upaya yang baik dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI. Assegaf Palembang untuk mata pelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Driil, meningkatkan hasil belajar, materi Penjumlahan Menyimpan. |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 15 Apr 2016 02:19 |
Last Modified: | 15 Apr 2016 08:41 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/264 |
Actions (login required)
View Item |