TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP AKAD PEMBERIAN BANTUAN SUBSIDI UPAH (BSU) KEPADA PEKERJA SWASTA YANG BERGAJI DIBAWAH 5 JUTA (Studi pada Pekerja Swasta PT. Indosat Palembang)

Rema, and Afriansyah, Syafran (2021) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP AKAD PEMBERIAN BANTUAN SUBSIDI UPAH (BSU) KEPADA PEKERJA SWASTA YANG BERGAJI DIBAWAH 5 JUTA (Studi pada Pekerja Swasta PT. Indosat Palembang). Jurnal Muamalah, 7 (2). pp. 13-29.

[img] Text
10997

Download (17kB)

Abstract

Pemberian bantuan subsidi upah (BSU) kepada pekerja swasta yangbergaji dibawah 5 juta di PT Indosat Palembang pada akad pemberian bantuansubsidi upah (BSU) yang mewajibkan pemberian uang secara sukarela terhadapmaneger.Penelitian ini termasuk penelitian lapangan, lalu jenis dan sumber data yangdigunakan melalui pendekatan kualitatif berdasarkan pemahaman yang diberikaninformanmelaluiwawancara,observasi,dandokumentasilangsungkeobyekpenelitian yang dijadikan sebagai data primer, adapun data sekunder yang akandigunakanberupabuku-bukuprimeryangdianggaprepresentatifterhadappenelitiansebagaipelengkap data primer.PemberianbantuansubsidiupahpadakaryawandiPTIndosatdisiniakadnyabelumjelasdaripihakPTIndosatmemintasebagiandariuangtersebut,haliniyangmembuatkaryawantidakmenerima metode tersebut, mereka berharap tidak ada potongan dari bantuan yangsudah seharusnya diberikan oleh pemerintah. Sedangkan dalam Tinjauan HukumEkonomiSyariahakadinisudahmemenuhirukundansyarathanyasajaprakteknya tidak sesuai, seharus dalam akad ini menggunakan akad ridha’iyah,yaitu akad-akad yang dilakukan tanpa upacara tertentu dan terjadi karenakeridhaanduabelahpihak, sepertiakadpadaumumnya

Item Type: Article
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:27
Last Modified: 11 Apr 2023 01:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26500

Actions (login required)

View Item View Item