UPAYA MENGATASI KESULITAN MEMAHAMI TEKS BACAAN MELALUI METODE SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW (SQ3R) PADA ANAK KELAS IV MI AL HIKMAH PALEMBANG

Anggraini, Renata (2023) UPAYA MENGATASI KESULITAN MEMAHAMI TEKS BACAAN MELALUI METODE SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW (SQ3R) PADA ANAK KELAS IV MI AL HIKMAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (49kB) | Preview

Abstract

Pada dasarnya, membaca adalah suatu kegiatan melihat serta memahami isi atau informasi yang tertulis dengan melisankan atau hanya dalam hati. Namun sayangnya, tidak semua siswa bisa memahami informasi hanya dengan membaca. Oleh karena itu, pendidik perlu cermat dalam memilih metode membaca yang efektif untuk menunjang pemahaman siswa dalam membaca, salah satunya adalah metode SQ3R. Metode ini memiliki langkah-langkah yang sangat memungkinkan untuk dapat memudahkan peserta didik memahami teks bacaan. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa beberapa siswa di kelas IV A MI Al Hikmah Palembang masih mengalami kesulitan dalam memahami informasi pada teks bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa kelas IV A MI Al Hikmah Palembang terhadap informasi dalam teks bacaan setelah melalui metode SQ3R dan tindak lanjut guru untuk mengatasi kesulitan memahami teks bacaan yang dihadapi siswa kelas IV A MI Al Hikmah Palembang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebanyak 12 siswa sudah mampu memahami isi ataupun informasi pada teks bacaan. Siswa lainnya yang belum mampu memahami informasi pada teks bacaan dikelompokkan dalam 4 kategori yaitu, 1) 5 siswa yang menulis kosakata tidak baku, 2) 1 siswa yang menulis informasi tidak runtut, 3) 2 siswa yang menulis informasi tidak sesuai dengan teks bacaan, 4) 3 siswa yang belum lancar dalam membaca. Tindak lanjut guru untuk mengatasi kesulitan pemahaman siswa dalam setiap kategori tersebut yaitu, 1) memanfaatkan Bahasa Palembang untuk membantu siswa mengenal dan memahami kosakata baku dalam Bahasa Indonesia. 2) meminta siswa meringkas teks bacaan. 3) meminta siswa membaca intensif secara berulang – ulang dan meringkas teks bacaan 4) melakukan bimbingan dalam membaca terhadap setiap siswa dalam kategori ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Memahami, Teks bacaan, Metode SQ3R
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: RENATA ANGGRAINI 1930201261
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:48
Last Modified: 11 Apr 2023 01:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26508

Actions (login required)

View Item View Item