PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 MI AL-KHOIRIYAH KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS

SITI, NURJANAH (2023) PENGARUH PENERAPAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS 1 MI AL-KHOIRIYAH KECAMATAN MEGANG SAKTI KABUPATEN MUSI RAWAS. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI NURJANAH BAB I.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI NURJANAH BAB V.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Media kartu huruf adalah salah satu media pembelajaran yang digunakan peneliti untuk mengenalkan huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa yang mampu membantu siswa aktif, bersemangat dalam pembelajaran sehingga siswa termotivasi untuk belajar membaca. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa di kelas kontrol dan di kelas eksperimen, (2) untuk mengetahui ada pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 1 MI Al-Khoiriyah Megang Sakti. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes lisan, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas, reliabilitas, homogenitas, normalitas, dan hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian sebelum diterapkannya media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Adapun nilai rata-rata siswa dikelas kontrol yaitu 60,3 sedangkan nilai rata-rata siswa dikelas eksperimen yaitu 58,6. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata terhadap kemampuan membaca permulaan masih rendah. Selanjuntya, setelah diterapkan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Adapun nilai rata-rata siswa di kelas eksperimen yaitu 82, sedangkan di kelas kontrol yang tidak menerapkan media kartu huruf terhadap kemampuan mempaca permulaan memiliki niai rata-rata yang masih rendah yaitu 72,6. Kemudian pada hasil uji hipotesis dapat diketahui nilai signifikan memperoleh nilai 0,000, maka 0,000 ≤ 0,05 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh penerapan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 1 MI Al-Khoiriyah Megang Sakti.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Kartu Huruf, Kemampuan Membaca Permulaan.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: SITI NURJANAH 1930201215
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:42
Last Modified: 11 Apr 2023 01:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26551

Actions (login required)

View Item View Item