STRATEGI GURU MENGATASI KESULITAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS 2 DI MI AL-HIKMAH PALEMBANG

Dzun, Nuraini (2023) STRATEGI GURU MENGATASI KESULITAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS 2 DI MI AL-HIKMAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran, terdapat dua kegiatan yang sinergis, yakni guru yang mengajar dan peserta didik yang belajar. Sementara peserta didik belajar melalui berbagai pengalaman belajar sehingga terjadi perubahan dalam dirinya dalam dari aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif. Strategi yang pernah dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar menulis peserta didik yaitu, salah satunya dengan guru mengasih motivasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam mengatasi permasalahan kesulitan menulis permulaan siswa kelas 2 di MI Al-Hikmah Palembang. penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Prosedur pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data dengan teknik analisis data, yang terdiri dari kondensasi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala yang dihadapi guru kelas II dalam menghadapi kesulitan menulis permulaan siswa ada beberapa kendala seperti siswa sulit membedakan huruf, siswa kesulitan memberi spasi huruf, siswa tidak hafal huruf abjad dan bahkan ada siswa yang masih salah memegang pensil, dalam mengatasi kesulitan menulis ada beberapa strategi yang digunakan guru kelas salah satunya yaitu menggunakan metode nyanyian dan ejaan yang digunakan dalam mengatasi kesulitan menulis, sehingga dalam strategi yang digunakan guru sangat membawa perubahan dalam mengatasi kesulitan menulis permulaan siswa kelas II di MI Al-Hikmah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi guru, Kesulitan menulis, dan Peserta didik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DZUN NURAINI 1930201219
Date Deposited: 12 Apr 2023 05:38
Last Modified: 12 Apr 2023 05:38
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26554

Actions (login required)

View Item View Item