PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TENTANG KEADAAN CUACA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI AL – AWWAL PALEMBANG

Febrianita, Tiara (2023) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TENTANG KEADAAN CUACA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI AL – AWWAL PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar yang didapat siswa pada saat penerapan media pembelajaran video animasi tentang keadaan cuaca pembelajaran tematik kelas III di MI Al-Awwal Palembang. Hasil belajar siswa dilihat dari hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran video animasi Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 tentang keadaan cuaca pada pembelajaran tematik di MI Al-Awwal Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, tes dan dokumentasi. Untuk melihat hasil belajar siswa diberi tes postest dan pretest pada kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan media pembelajaran video animasi tentang keadaan cuaca terhadap hasil belajar siswa meningkat setelah dilakukan penerapan media pembelajaran video animasi. Hasil belajar meningkat dilihat dari nilai rata-rata postest dan pretest sebelum dan sesudah penerapan menggunakan media pembelajaran video animasi siswa kelas III di MI Al-Awwal Palembang yang mengalami peningkatan rata-rata 15,36. Adanya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan media pembelajaran video animasi juga dilihat berdasarkan Uji-t menggunakan softwere SPSS for windows.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Video Animasi, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: TIARA FEBRIANITA 1930201245
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:43
Last Modified: 11 Apr 2023 01:43
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26555

Actions (login required)

View Item View Item