SAKNI, TAUFIK (2022) TEORI KECERDASAN DALAM MODERASI BERAGAMA (LIBRARY-RESEARCH). AL-HIKMAH; Jurnal Pendidikan, 11 (11). pp. 29-37. ISSN p.2406-9590
|
Text
JURNAL_TAUFIK_SAKNI_(TEORI_KECERDASAN_DALAM_MODERASI_BERAGAMA_(LIBRARY-RESEARCH))[1].pdf Download (553kB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan manusia adalah kombinasi dari berbagai kemampuan umum dan spesifik. Umumnya, masyarakat lebih mengenal macam kecerdasan seperti kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) yang ketika ketiga nya ini dimiliki atau dibangun maka akan sangat berguna bagi kehidupan manusia baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Selain itu, moderasi beragama digadang-gadang sedang menjadi topik hangat yang diulas oleh berbagai pihak, terkhusus di dunia Pendidikan. Tak dapat dipungkiri, Pendidikan adalah salah satu wadah bagi terbentuknya ketiga kecerdasan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis (studi kepustakaan (library research). Hasil yang didapat menunjukkan bahwa dengan menguasai ketiga jenis kecerdasan tersebut paham radikalisme, fanatisme, intolerant tidak akan melekat pada pribadi anak didik di lingkungan yang majemuk ini. Sehingga kekacauan akibat perbedaan pendapat, paham dan prinsip dapat dihindarkan dan menciptakan masyarakat yang sehat dan cerdas secara pikiran, mental dan spiritual.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teori kecerdasan, moderasi beragama |
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Filsafat dan teori pendidikan Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 03 May 2023 02:14 |
Last Modified: | 03 May 2023 02:14 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27063 |
Actions (login required)
View Item |