TEORI KECERDASAN DALAM MODERASI BERAGAMA (LIBRARY-RESEARCH)

SAKNI, TAUFIK (2022) TEORI KECERDASAN DALAM MODERASI BERAGAMA (LIBRARY-RESEARCH). AL-HIKMAH; Jurnal Pendidikan, 11 (11). pp. 29-37. ISSN p.2406-9590

[img]
Preview
Text
JURNAL_TAUFIK_SAKNI_(TEORI_KECERDASAN_DALAM_MODERASI_BERAGAMA_(LIBRARY-RESEARCH))[1].pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan manusia adalah kombinasi dari berbagai kemampuan umum dan spesifik. Umumnya, masyarakat lebih mengenal macam kecerdasan seperti kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) yang ketika ketiga nya ini dimiliki atau dibangun maka akan sangat berguna bagi kehidupan manusia baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Selain itu, moderasi beragama digadang-gadang sedang menjadi topik hangat yang diulas oleh berbagai pihak, terkhusus di dunia Pendidikan. Tak dapat dipungkiri, Pendidikan adalah salah satu wadah bagi terbentuknya ketiga kecerdasan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis (studi kepustakaan (library research). Hasil yang didapat menunjukkan bahwa dengan menguasai ketiga jenis kecerdasan tersebut paham radikalisme, fanatisme, intolerant tidak akan melekat pada pribadi anak didik di lingkungan yang majemuk ini. Sehingga kekacauan akibat perbedaan pendapat, paham dan prinsip dapat dihindarkan dan menciptakan masyarakat yang sehat dan cerdas secara pikiran, mental dan spiritual.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: teori kecerdasan, moderasi beragama
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Filsafat dan teori pendidikan
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 May 2023 02:14
Last Modified: 03 May 2023 02:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27063

Actions (login required)

View Item View Item