KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN METODE CERITA ISLAMI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 32 TALANG UBI KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR (PALI)

SARI, FITONA MEI FAJAR (2023) KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN METODE CERITA ISLAMI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 32 TALANG UBI KABUPATEN PENUKAL ABAB LEMATANG ILIR (PALI). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini lebih berkofus meneliti perihal kinerja seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 32 Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sebab cara mengajar guru disekolah ini masih menggunakan metode atau cara umum saat mengajar seperti metode diskusi, tanya jawab, dan ceramah. Melalui keterampilan mengajar menggunakan metode cerita islami diharapkan guru dapat menyampaikan materi yang lebih bervariasi untuk menarik minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini bermaksud untuk melihat bagaimana keterampilan mengajar guru menggunakan metode cerita islami dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 32 Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Penelitian ini menggunakan jenis dan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, pada penelitian ini untuk mengetahui keterampilan mengajar guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan metode cerita islami di SDN 32 Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sebagai objek penelitian. Dimana dalam teknik pengumpulan data peneliti memakai teknik wawancara, obeservasi serta dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode analisis kualitatif seperti reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan Keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam Menggunakan Metode Cerita Islami sudah berjalan dengan baik, dengan mengaplikasikan keterampilan dasar mengajar yang wajib dimiliki guru. berupa keterampilan menjelaskan, bertanya, membuka dan menutup pelajaran, memberikan penguatan, mengadakan variasi, membimbing diskusi kelompok kecil, keterampilan mengelola kelas, dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Faktor penghambat keterampilan guru Pendidikan Agama Islam menggunakan metode cerita islami terletak pada peserta didik dan sumber belajar. Sedangkan faktor pendukung keterampilan guru Pendidikan Agama Islam menggunakan metode cerita islami adalah guru, lingkungan, orang tua, media pembelajaran, serta aktivitas keagamaan yang berada di sekolah. Kata Kunci : Keterampilan Guru, Metode Cerita Islami, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Guru, Metode Cerita Islami, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: FITONA MEI FAJAR SARI 1920202105
Date Deposited: 10 May 2023 01:02
Last Modified: 10 May 2023 01:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27187

Actions (login required)

View Item View Item