Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Subtema 1 Untuk Siswa Kelas V SDN 11 Lubuk Keliat

Mahesa, Fuja (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Subtema 1 Untuk Siswa Kelas V SDN 11 Lubuk Keliat. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
cover baru.pdf

Download (858kB) | Preview
[img] Text
BAB I (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II baru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III baru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (702kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV baru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V baru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA baru.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran tematik tema 1 subtema 1 untuk siswa kelas V SD Negeri 11 Lubuk Keliat didasari karena kurang bervariasinya bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga peserta didik mengalami kesulitan memahami materi tersebut. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk merancang dan menghasilkan produk berupa LKPD berbasis model pembelajaran Inkuiri yang memiliki kriteria valid dan praktis sehingga bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Pada penelitian ini pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan angket untuk validasi desain, validasi materi, dan validasi bahasa dan uji kepraktisan bahan ajar menggunakan angket untuk melihat respon peserta didik dan respon guru terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Uji produk dilakukan dengan dua kali uji coba yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V A. Hasil penelitian pengembangan ini dinyatakan layak digunakan karena pada uji validasi ketiga validator meliputi validasi ahli desain mencapai 80%, ahli materi 98%, dan ahli bahasa 98%. Sementara hasil dari respon peserta didik dan penilaian guru terhadap LKPD dinyatakan sangat praktis. Pada tahap uji coba kelompok kecil mencapai 89%, uji coba lapangan 85%, dan respon guru mencapai 97%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa LKPD berbasis model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran tematik tema 1 subtema 1 untuk siswa kelas V SD Negeri 11 Lubuk Keliat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Inkuiri, Lembar Kerja Peserta Didik, Organ Gerak Hewan
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Studi dan pengajaran pendidikan
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FUJA MAHESA 1830201145
Date Deposited: 11 May 2023 03:04
Last Modified: 11 May 2023 03:04
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27222

Actions (login required)

View Item View Item