PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARING PADA MATERI SKALA SISWA KELAS V SD NEGERI 115 PALEMBANG

Rizki Amelia, Dwi (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARING PADA MATERI SKALA SISWA KELAS V SD NEGERI 115 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Dalam melaksakanan pembelajaran matematika guru terkadang dihadapkan dengan peserta didik yang kesulitan mengerti dalam mengerjakan soal berbasis masalah, dan diperlukan media pembelajaran yang dapat menunjang buku pembelajaran yang ada. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan dan menghasilkan produk berupa LKPD berbasis probelm based learning yang memiliki kriteria valid dan praktis sehinggga bisa digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan desain penelitian yang dikembangkan oleh tesmer bernama evaluasi formativ (formatif evaluation). Subjek penelitian yaitu siswa kelas V B SD Negeri 115 Palembang. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, walktrough, angket, dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan analisi walthrough, analisis angket, analisis data validitas, dan analisis data kepraktisan. Hasil penelitian ini yaitu pertama, proses penelitian dalam pengembangan yaitu pembuatan produk, validasi produk, revisi, dan uji coba lapangan. Kedua, penelitian ini menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based lerning pada materi skala yang valid dilihat dari angket kevalidan ahli desain diperoleh rata-rata skor 89%, validasi ahli bahasa diperoleh rata-rata skor 88%, dan validasi ahli materi diperoleh rata-rata skor 81%. Ketiga, penelitian ini menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis problem based lerning pada materi skala yang praktis dilihat dari hasil angket responden peserta didik dengan rata-rata skor 87%.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Problem Based Learning, Skala
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Rizki Amelia
Date Deposited: 19 May 2023 03:52
Last Modified: 19 May 2023 03:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27242

Actions (login required)

View Item View Item