Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas V Di MI Nurul Qomar Palembang

lia, pratini (2023) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas V Di MI Nurul Qomar Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
ACC BAB 1 LIA PRATINI.docx

Download (45kB)
[img] Text
ACC BAB 5 LIA PRATINI.docx

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Bagaimana penerapan penggunaan media pembelajaran powtoon dalam pembelajaran IPS kelas V di MI Nurul Qomar Palembang, (2) Bagaimana hasil belajar setelah diterapkan penggunaan media pembelajaran powtoon dalam pembelajaran IPS pada peserta kelas V di MI Nurul Qomar Palembang, (3) Bagaimana pengaruh penerapan media powtoon terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS kelas V di MI Nurul Qomar Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengggunakan uji T. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) penerapan media powtoon dapat disesuaikan dengan RPP pada saat pembelajaran berlangsung. Pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran dapat diterapkan metode dengan menggunakan pretest dan posttest pada peserta didik agar dapat mengetahui hasil belajar peserta didik. Penggunaan media powtoon dapat membuat peserta didik lebih tertarik dan bersemangat dalam mengerjakan soal. penerapan media powtoon dengan metode pretest dan posttest dapat membuat peserta didik membantu peningkatan dalam belajar (2) Hasil belajar peserta didik kelas kontrol pada posttest diperoleh 17 peserta didik yang tuntas (85%) dan 3 peserta didik yang tidak tuntas (15%). Sedangkan kelas eksperimen pada postest diperoleh 20 peserta didik yang tuntas (86,9%) dan 3 peserta didik yang tidak tuntas (13%). (3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan rumus independent sample t-test menunjukkan bahwa Ha dterima karena nilai sig < 0,05 yaitu 0,000 < 0,005. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS di MI Nurul Qomar Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Powtoon, Hasil Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LIA PRATINI 1910201007
Date Deposited: 19 May 2023 03:53
Last Modified: 19 May 2023 03:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27435

Actions (login required)

View Item View Item