PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP GAMBAR POHON JARINGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI IPS KELAS IV DI SD NEGERI 25 PALEMBANG

Hanafi, Ramadhani (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PETA KONSEP GAMBAR POHON JARINGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MATERI IPS KELAS IV DI SD NEGERI 25 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Bab 1 hanafi.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 hanafi.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik materi IPS yang tidak menerapkan strategi peta konsep gambar di SD Negeri 25 Palembang. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran tematik materi IPS yang menerapkan strategi peta konsep gambar di SD Negeri 25 Palembang. 3)Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan strategi peta konsep gambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik materi IPS kelas IV di SD Negeri 25 Palembang . Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan metode kuantitatif. Adapun penelitian yang dilakukan ini menggunakan penelitian eksperiment design bentuk Post-test Only Control Group Design digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan terhadap subjek sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas IV A yang 34 dan kelas IV B yang berjumlah 34. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrument berbentuk pilihan ganda sebanyak 14 soal yang dilakukan pada waktu posttest dilaksanakan setelah pembelajaran. Dari hasil penelitian diperoleh rata rata kelas kontrol yang tidak menerapkan strategi peta konsep gambar adalah 70,15 dan rata rata kelas eksperimen yang menerapkkan strategi peta konsep gambar adalah 77, 05. Dari hasil hipotesis diperoleh nilai signifikansi 0,008 dan tarap signifikansi 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan strategi peta konsep gambar dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik materi IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi peta konsep gambar, hasil belajar siswa, pembelajaran tematik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: HANAFI RAMADHANI 1930201083
Date Deposited: 24 May 2023 01:26
Last Modified: 24 May 2023 01:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27516

Actions (login required)

View Item View Item