PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 45 PALEMBANG

Sumartini, Siti (2023) PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 45 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV siti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 45 Palembang menunjukkan adanya pembentukan karakter yang didukung oleh program kegiatan pramuka. Adapun permasalahan dalam penelitian ini (1) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 45 Palembang (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 45 Palembang. Tujuan penelitian ini (1) untuk menganalisa pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 45 Palembang (2) untuk menganalisa apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 45 Palembang. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis pendeketan fenomenologi. Yang menjadi informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Pembina Ekstrakurikuler Pramuka, Guru, Siswa, dan Orangtua. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik menurut Miles dan Huberman yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data, dan conclusion drawing (penarikan kesimpulan). Dan untuk triangulasi terdapat tiga cara, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter peserta didik di SMP Negeri 45 Palembang sudah sesuai harapan yaitu: 1) adanya aktivitas sosial dan emosional dalam berbagai kegiatan untuk membentuk karakter peserta didik, 2) adanya pembiasaan dan keteladanan sebagai dasar pembentukan karakter peserta didik, 3) adanya pengamalan dasa dharma yang diimplementasikan untuk membentuk karakter peserta didik melalui ekstrakurikuler pramuka. Adapun faktor- faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan pembinaan dalam pembentukan karakter peserta didik di smp negeri 45 Palembang yaitu: 1) Sumber daya manusia yang tersedia, 2) Perhatian wali peserta didik, dan 3) sarana yang kurang memadai untuk menunjang pelaksanaan program kegiatan pramuka dalam pembentukan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Ekstrakurikuler Pramuka, Pembentukan Karakter, dan Peserta Didik. Keywords: Implementation, Scout Extracurricular, Character Building, and Learners.
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 170 Etika, Filsafat Moral
300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Aspek sosial dari pendidikan
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: SITI SUMARTINI 1930203108
Date Deposited: 24 May 2023 01:29
Last Modified: 24 May 2023 01:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/27561

Actions (login required)

View Item View Item